Model Pondasi di Lahan Miring

PERTANYAAN :

Yth. Mas Bahtiar..

Saya memiliki tanah di Kota Batu yang ingin saya bangun rumah bertingkat. Adapun kondisi tanah saya itu berlereng (miring) dengan kemiringan ± 30o. Pertanyaan saya, bagaimana saya harus membuat pondasi? Apakah kuat kalau pondasi saya buat miring mengikuti kemiringan tanah? Atas jawaban yang diberikan saya ucapkan terima kasih..

Dari  Shaleh Bafadhal di Batu Malang

JAWABAN  NARASUMBER :

Bapak Shaleh Bafadhal yang saya hormati,

Membuat pondasi di lahan yang miring tidak boleh mengikuti kemiringan tanah. Jadi pondasi harus dibuat rata. Resikonya memang lebih mahal, tetapi tingkat keamanan dan keawetan struktur akan lebih tinggi. Apalagi kemiringan lahan Anda ± 30 o, tentu sangat riskan jika pondasi dibuat miring mengikuti kemiringan tanah.

Beberapa referensi buku (terutama yang ditulis Insinyur-insinyur dari negara maju) memang  mengizinkan membuat pondasi miring mengikuti kemiringan lahan. Dengan catatan batas izin kemiringan tidak boleh lebih dari 10 o. Namun menurut saya pribadi, sebaiknya tetap dibuat rata walaupun kemiringan lahan kurang dari 10 o.

Alasan saya, tingkat ketelitian pekerjaan pekerja konstruksi (tukang) kita masih tergolong rendah. Sehingga kita harus memperbesar angka faktor keamanan (savety factor) dalam pekerjaan konstruksi yang kita lakukan. Ini berbeda dengan negara-negara maju. Di AS misalnya. Para pekerja konstruksi diwajibkan memiliki sertifikasi khusus keahlian bangunan, termasuk para tukangnya. Dengan tukang-tukang yang bersertifikasi, mereka berani membuat pondasi yang miring.

Demikian jawaban saya semoga bermanfaat..

 

Salam Hangat dari Saya,

Bahtiar Krisdian P

Bahtiar Krisdian P adalah konsultan freelance pada beberapa proyek konstruksi di Jawa Timur. Bisa di hubungi di No. HP 08123326411 atau e-mail : mas_bahtiar@yahoo.com. Anda bisa membaca lebih lengkap jawaban-jawaban dalam Konsultasi Rubrik Konsultasi Konstruksi ini di www.PropertiNusantara.com