Cara Membangun Rumah Tingkat dengan Konstruksi Kayu

Bp. Bahtiar yang saya hormati,

Saya berencana membangun tempat peristirahatan (villa) di Kawasan Puncak Bogor. Saya ingin villa saya itu dibangun 2 lantai menggunakan konstruksi kayu dengan mpdel rumah panggung full kayu, dan ada ruang bawah lantai seperti rumah tradisional. Saya menginginkan suasana yang benar-benar alami dan bernuansa tempo dulu.

Yang jadi pertanyaan saya :

  1. Apakah keinginan saya itu memungkinkan (aman) jika villa tersebut saya bangun 2 lantai? Bagaimana konstruksinya agar kuat menahan beban)
  2. Apa kelebihan dan kekurangannya jika dibandingkan dengan bangunan tembok/beton ?
  3. Kira-kira berapa biaya yang diperlukan untuk membangun villa 2 lantai dengan luas total 60 m2 (lantai 1 dan lantai 2 berukuran 6 m x 5 m2)

Demikian pertanyaan saya, atas jawaban yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Pertanyaan Dari : Bp. M. Syafii Di Jakarta

JAWABAN :

Bp. M Syafii yang saya hormati,

Membangun bangunan 2 lantai dengan menggunakan konstruksi kayu secara penuh menurut perhitungan teknik sangatlah memungkinkan. Anda tidak perlu khawatir tentang kekuatan konstruksinya. Konstruksi kayu sangat aman asalkan dibangun sesuai dengan kaidah-kaidah teknik yang benar.

Nenek moyang kita sudah berabad-abad menggunakan konstruksi kayu untuk bangunan rumah dan tidak ada masalah dengan kekuatan. Bahkan rumah kayu adalah rumah yang tahan terhadap guncangan gempa. Konstruksi rumah kayu itulah yang biasa disebut Rumah Panggung, yang hampir merupakan rumah asli seluruh masyarakat nusantara. Tersebar dari Jawa sampai Sulawesi.

Namun demikian, keinginan Anda untuk membangun villa dengan menggunakan konstruksi kayu secara penuh (rumah panggung dengan dibawah lantai) sepertinya kurang tepat. Karena ada beberapa sifat yang merupapakan kekurangan material kayu yang tidak memungkinkan diterapkan 100 % untuk kebutuhan manusia modern.

Salah satunya addalah sifat material kayu yang permeable (rembes air) sehingga tidak memungkinkan jika Anda ingin membangun KM/WC diatasnya. Begitu juga dapur, karena sifat material kayu yang mudah terbakar. Padahal, KM/WC dan dapur untuk villa merupakan ruangan yang sangat vital.

Oleh karenanya, Anda harus berpikir ulang keinginan Anda membangun Villa dengan Konstruksi Rumah Panggung Kayu secara penuh (ada kolong bawah). Kecuali jika Anda merasa kebutuhan ruang KM/WC dan dapur Anda bisa dinafikkan atau bersedia di letakkan di kolong bawah lantai.

Tapi peletakkan ini menurut saya ini kurang pas. Karena fungsi kolong dibawah lantai pada rumah tradisional itu biasanya untuk menghindari banjir, serangan hewan buas atau kandang ternak. Jika kolong lantai itu kita gunakan untuk KM atau dapur, tentu sangat tidak nyaman dan mengganggu pemandangan. Selain itu, privasi juga tidak terjaga.

Saran saya, Rumah Panggung Kayu Anda tidak perlu ada kolong dibawahnya. Kombinasikan saja antara konstruksi beton (bata) dengan konstruksi kayu seperti rumah tradisional Betawi. Konstruksi beton/batu bata, gunakan hanya untuk pondasi dan dinding KM serta dapur.

Jadi villa Anda tidak berbentuk rumah panggung, melainkan rumah biasa yang berdinding kayu (kecuali dapur dan KM) termasuk plat lantainya. Kolom-kolom (yang berfungsi sebagai kekuatan konstruksi) dari kayu (ukuran 12/18 cm) diletakkan diatas umpak dari pondasi batu belah. Keindahannya saya kira juga tidak berkurang. Lebih jelasnya, lihat gambar 1 yang sudah saya siapkan.

Untuk plat lantai atas (lantai 2), gunakan kayu papan lebar 20-30 cm dengan ketebalan 2-3 cm. Papan kayu tersebut diletakkan diatas balok kayu ukuran 8/14 cm untuk bentang s.d 3,5 m dengan jarak antar balok kayu 60 cm (Lihat gambar 2). Gunakan kayu kelas I seperti Kayu Jati, Kamper atau Kruing.

Untuk masalah biaya, saya agak susah menjawabnya. Yang pasti, biaya villa Anda akan lebih mahal dibandingkan dari pada Anda membangunnya material biasa. Selisihnya bisa 2 - 3 kali lipat, tergantung jenis dan harga kayu yang tiap daerah berbeda-beda.

Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat..

Selamat membangun…!!

Best Regards,

Bahtiar Krisdian P, ST

* Bahtiar Krisdian P adalah seorang Konsultan Konstruksi Freelance yang telah berpengalaman di banyak proyek properti di Jawa Timur. Jika Anda membutuhkan jasa profesional beliau, silahkan menghubungi No. Telp : 081358195939 atau e-mail : bahtiar_kp@yahoo.com

Diperkenankan Mengutip Sebagian atau Keseluruhan dari Artikel Konsultasi ini dengan tetap mencantumkan sumber aslinya : http://www.propertijitu.com dan tidak dipergunakan untuk keperluan komersial