Biaya Bangun Rumah 2 Lantai Secara Bertahap

 

Yth. Bpk Bahtiar Krisdian P, ST


Hasil dari browsing internet, sampailah saya kirim email ini ke bapak
. Mohon bantuanya, 
saya mau membangun tambahan, rumah 2 lantai ukuran 5m x 7m, letak di surabaya, rencananya lantai 1 untuk ruang tamu dan 2 kamar tidur, lantai 2 di pakai untuk kost2 an 5 kamar kost, atap pakai genteng,


Mohon di hitungkan untuk biaya pembangunan hanya sampai dak lantai satu,
saya mau bangun hanya untuk pondasinya, kolom, balok, dan pelat dak-nya dulu.
saya mau bangun bertahap dulu, karena keterbatasan biaya.
terima kasih.

 

Nanang Irawan di Surabaya

 

JAWABAN PENGASUH

 

Yth. Bapak Nanang Irawan di Surabaya..

Perlu saya sampaikan bahwa dalam melakukan penghitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) atas suatu bangunan harus dilakukan berdasarkan gambar rencana dan spesifikasi teknis yang diinginkan. Jadi jika Bapak ingin mendapatkan perhitungan yang akurat tentang biaya pembangunan rumah tambahan yang Bapak inginkan, harus didasarkan gambar rencana dan spesifikasi yang diinginkan.

 

Oleh karena itu, langkah-langkah sebelum membangun sebaiknya Bapak menyiapkan gambar rencana dulu termasuk spesifikasi teknis yang diinginkan. Apakah menggunakan kualitas bahan bangunan KW I, termasuk assesoris-assesorisnya. Itu semua harus direncanakan dengan matang dan terencana dan terukur, Tanpa itu, proses pembangunan bapak akan sangat tidak efisien baik dari segi waktu dan biaya.

 

Namun jika Bapak hanya ingin mendapatkan gambaran kasarnya saja (alias ancar-ancar), kurang lebih perhitungannya begini. Nilai bangunan setiap meter persegi di Surabaya kurang lebih Rp. 2.750.000,- (kualitas sedang). Sedangkan untuk membangun rumah lantai 2, dibutuhkan konstruksi beton berupa plat lantai  dengan harga kubikasi campuran beton sebesar Rp. 3.000.000,-/m3.

 

Bapak ingin membangun rumah dengan luas 35 m2 (7 x 5). Karena Bapak ingin membangun bertahap 2 lantai secara bertahap, maka harus juga dihitung plat lantai atas seluas kurang lebih 3 x 5 m juga dengan ketebalan 12 cm. Sehingga kebutuhan kubikasi betonnya adalah luas plat lantai x ketebalan plat lantai (35 m2 x 12 cm) = 4,2 m3. Asumsikan kebutuhan kubikasi beton untuk kolom dan balok sebagai penopang kekuatan konstruksi sebesar 4 m3, maka total kebutuhan beton Anda adalah sebanyak 8,2 m3.

 

Jadi dengan demikian, total perhitungan dana kasar yang Anda butuhkan adalah sebesar :

·         Nilai Luas bangunan                        
35 m2 x Rp. 2.750.000,- = Rp. 96.250.000,-
·         Nilai Kubikasi beton (plat, kolom & balok kosntruksi)
8,2 m3  x Rp. 2.750.000,-        = Rp. 24.600.000,-

 

Jadi Total dana yang Anda butuhkan adalah sebesar Rp. 96.250.000,- + Rp. 24.600.000,- = Rp. 120.850.000,-

 

Tapi sekali lagi, hitungan diatas adalah perhitungan kasar. Dan untuk mendapatkan perhitungan yang valid, sekali lagi Bapak harus memiliki gambar rencana yang matang. Jangan pernah membangun tanpa gambar, tanpa perencanaan yang matang. Karena saya jamin, biayanya pasti super membengkak. Apalagi jika itu hanya diserahkan penuh kepada tukang.

Oleh karena itu, saya sarankan Bapak untuk mencari jasa insinyur sipil atau arsitek untuk mendampingi Bapak dalam melaksanakan pembangunan (mulai dari penyiapan gambar, perhitungan RAB dan pelaksanaan). Saya jamin, biaya total yang harus Bapak keluarkan akan jauh lebih murah, efisien dan hasilnya bisa dipertanggung jawabkan kualitas konstruksinya.

Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat. Jika ada yang belum jelas atau Anda membutuhkan jasa profesional saya, jangan ragu-ragu menghunungi saya lagi. Trims..

 

 

Salam hangat dari saya..

 

 

Bahtiar Krisdian P